Wednesday 26 October 2011

PERKEMBANGAN ANAK DI USIA 3 - 4 TAHUN

A. Kemampuan perkembangan yang harus dicapai anak sebelum berumur 4 tahun.


1. Gerak kasar :   Berjalan jinjit

2. Gerak halus :   Meniru membuat gambar lingkaran.

3. Bertutur, bahasa, dan kecerdasan:    Mengenal dan menyebutkan paling sedikit 1 perkataan.

4. Bergaul dan mandiri :  Mematuhi peraturan sederhana dalam permainan.


B. Stimulasi perkembangan yang perlu diberikan :


1. Melatih anak berjalan mengikuti garis lurus.

Latihlah anak berjalan mengikuti garis lurus, misalnya sepanjang garis pada lantai. Tunjukkan bagaimana menggunakan kedua tangan untuk menjaga keseimbangan.

2. Membantu anak belajar melompat dengan satu kaki.
Ajarilah anak melompat dengan satu kaki. Mula-mula anak perlu dipegang tangannnya. Lama-kelamaan biarkan dia melakukannya sendiri.


3. Membantu anak belajar melempar benda kecil ke atas.

Ambillah benda kecil yang ringan, kemudian tunjukkan cara melemparkan benda tersebut ke atas dan cara menjatuhkan benda ke dalam satu bekas.


4. Membantu anak belajar menggunting dan membuat buku cerita dengan menampal gambar.


Tunjukkan kepada anak cara mengunting gambar dari majalah atau buku. Ajarlah anak untuk menyusun dan menampal gambar tersebut pada kertas, sehingga membentuk suatu urutan cerita.


5. Melatih anak belajar “menjahit”

Tampal satu gambar pada kotak. Tebuk lubang kotak disekeliling gambar tersebut. Ambillah tali yang mana hujungnya telah disimpulkan. Masukkan ujung lainnya ke dalam lubang-lubang tersebut menyerupai gerakan menjahit. Mintalah anak untuk membuat sendiri.

6. Menyuruh anak melukis dan menulis.


Tunjukkan kepada anak cara membuat garis dan bulatan menjadi gambar rumah, matahari, bulan dan sebagainya. Tunjukkan pula cara menulis huruf dan angka, serta menulis namanya. Latihlah agar sedikit demi sedikit dia dapat melukis dan menulis.


7. Melatih anak mengenal huruf dan angka

Untuk membantu anak mengenal huruf dan angka, buatlah potongan-potongan kertas seperti kad. Tuliskan angka 1 – 10 dan huruf A, B, C dan seterusnya pada potongan-potongan kad tersebut satu persatu, dan ajarkan cara menyebutnya. Mintalah kepadanya untuk mencari dan menemukan tulisan yang sama di majalah atau buku. Latihlah sehingga dia mengenal semua huruf dan angka dengan baik.

8.  Melatih anak mengenal bentuk dan warna


Sediakan kertas berwarna, kad, gunting, dan gam. Guntinglah kertas berwarna menjadi bentuk, misalnya segitiga, segi empat dan sebagainya. Terangkan kepada anak tentang perbezaan bentuk dan warna, serta tunjukkan cara menampal gambar. Suruh anak menampal bentuk berwarna tersebut pada kad.

9.  Memberi  kesempatan kepada anak untuk menceritakan tentang dirinya, dan mengetahui urutan cerita.


Buatlah anak agar dia mahu menceritakan kejadian yang dialaminya dan apa yang dilihatnya. Bantulah anak dengan lebih dahulu menceritakannya, kemudian mintalah dia menyambung cerita tersebut.


10.  Melatih anak mengenal perbandingan.

Ajarkan kepada anak membandingkan sifat benda, misalnya lebih panjang, lebih pendek, lebih besar, lebih muda, dan sebagainya.


11. Mengajar anak mengenal lawan kata.

Sebutkan beberapa kata yang biasa disebut dalam percakapan sehari-hari. contoh : panas, panjang, luas, dan sebagainya. Mintalah anak menyebutkan lawan katanya.

12. Membantu anak belajar mandi dan mengeringkan tubuhnya.


Ajarlah anak cara mandi sendiri dengan sabun, membilas tubuh, dan mengeringkan dengan tuala.


13. Mengajak anak mengikuti kegiatan memasak, dan memberi kesempatan untuk bertanya.

Ajaklah anak untuk membantu anda memasak di dapur, berilah dia pekerjaan yang mudah dan tidak berbahaya, seperti menyukat, mengisi gula dan sebagainya. Terangkan apa yang sedang dikerjakan bersama, dan beri kesempatan kepada anak untuk bertanya.


14. Melatih anak untuk belajar mengatasi kesedihan dan kekecewaan.

Pujuklah dan tenangkanlah anak ketika ia menangis atau kecewa dengan cara membelainya dan terangkan kepadanya dengan lembut mengenai apa yang dirasakannya.


15. Membantu anak mengenal sopan santun, berterimakasih, memberi salam, mencium tangan dan sebagainya.

Ajar dan tunjukkanlah kepada anak sikap sopan santun, misalnya menghormati orang yang lebih tua, mengucapkan terimakasih, memberi salam, mencium tangan, berdoa dan sebagainya.



1 comment: